Password

Rencana sih ane ga mw kasi pass..
keknya kemarin uda beberapa uda masuk pass deh.. haha
ini passnya : supandi

Followers

Visitors

Search

Friday, October 29, 2010


Guru Biologi saya berkata,"Jangan terlalu sering bergadang!". Seringkali kita mendengar orang tua ataupun guru di sekolah mengatakan "Jangan bergadang". Tapi kita sering tidak menghiraukan kata-kata tersebut, karena kita tidak merasakan dampak yang buruknya atau paling tidak hanya berdampak kecil seperti "ngantuk". Nah, pernahkah kita pikirkan mengapa orang tua ataupun guru kita mengingatkan kita untuk tidak bergadang?

Yah.. Paling orang tua ingetin agar kita tidak telat sekolah, jadi bagi mereka yang tidak sekolah
bisa bergadang sedang kita tidak. Mungkin itu yang muncul di pikiran kita.
Tetapi lain cerita jika guru di sekolah yang menyampaikan. Karena mereka tahu, bahwa bergadang sangat tidak baik bagi tubuh. Mengapa??

Jika kita pernah mendengar dan mengerti istilah "detoksifikasi" dalam tubuh. Mungkin kita sudah menyadari dampak dari bergadang tersebut. Apa yang dimaksud detoksifikasi ?
Detoksifikasi (detoxification) adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Mungkin akan lebih mudah dimengerti jika kita definisikan sebagai "pengeluaran racun dari tubuh".

“Tubuh kita secara alami bisa membersihkan racun dengan tidur yang berkualitas dengan kuantitas yang cukup,” kata DR Lily G Karmel MA dari Fit 'n Chic Family Fitnes saat ditemui di acara Seminar Hipertensi pada Peringatan Hari Hipertensi Sedunia tahun 2010 di Kantor Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementrian Kesehatan di Percetakan Negara, Jakarta, Senin 12 Juli 2010.

Tahu tidak? Ternyata tubuh kita punya jadwal kegiatannya / schedule sendiri loh, yaitu detoksifikasi.. Mari kita lihat jadwal detoksifikasi tubuh kita yang dipaparkan oleh DR Lily G Karmel MA.

21.00 - 23.00 : Secara alami melakukan detoksifikasi tubuh dan pertumbuhan. Umumnya, proses pertumbuhan pada anak-anak terjadi pada waktu ini. Karena itu, kita jangan tidur lebih dari jam 11 malam.
23.00 - 01.00 : terjadi proses pembersihan liver atau hati
01.00 - 03.00: detoksifikasi empedu
03.00 - 05.00: detoksifikasi paru-paru
05.00-07.00 : detoksifikasi usus besar (Yg ini saya sarankan agar buang air besar pada jam segitu, jadi lihat" jam kalo mau BAB.. hahaha.. nb:Kecuali kalo dah kebelet).
DR Lily menambahkan, saat aktivitas tidur pukul 24.00-04.00 tubuh bahkan tak henti bekerja. Aktivitas sumsum tulang belakang terus memproduksi darah ketika kita sedang terlelap tidur.

Nah, kita sudah mengetahui aktifitas tubuh kita yang begitu rutin. Jika kita bergadang, maka tubuh kita tidak terfokus pada detoksifikasi karena tubuh kita juga melakukan aktifitas yang lain sehingga racun yang dikeluarkan tidak maksimal. Oleh karena itu, janganlah bergadang jika Anda tidak ingin terserang penyakit dan terjangkit hal-hal yang tidak diinginkan. Jaga dan rawatlah tubuh Anda agar Anda tetap sehat.

(nb: Untuk itu disarankan kalo malam pertama siang" ajah.. wkwakwakawkaw)

2 comments: